Sunday, May 15, 2011

Process "System" memakai 99% CPU

Beberapa waktu yang lalu saya menginstal ulang komputer salah satu klien saya. Sesaat setelah instalasi selesai komputer terasa lambat. Bahkan sangat lambat untuk komputer yang baru saja selesai terinstal Windows XP SP3. Padahal driver dan aplikasi yang lainnya belum terinstal. Termasuk AntiVirus yang yang pada umumnya memakan CPU yang banyak.

Begitu saya cek, ternyata penyebabnya adalah process "System" (dibuka pada Task Manager) memakai 99% CPU. Jujur, baru pertama kali saya mengalami kejadian aneh seperti ini.


Tak lama berdiam diri saya langsung mencari solusi dari permasalahan ini di website, forum, dan berbagai media lain. Beberapa sosuli memang masuk akal, tapi setelah itu dicoba hasilnya tetap sama.

Lalu saya mencoba melihat kembali process "System" dengan Process Explorer. Klik kanan, lalu Properties. Saya melihat adanya thread yang sedikit jangal, "ACPI.sys". Semula saya kira ini adalah malware yang menumpang di komputer atau CD Windows milik saya, ternyata ini adalah sebuah driver.

Lalu saya menghentikan thread ini dengan masuk ke BIOS kemudian Disable ACPI service. Restart dan kemudian komputer klien saya kembali normal.

0 comments:

Post a Comment