Thursday, December 23, 2010

Membuat Partisi Hardisk pada Windows 7

Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya menginstal Windows 7 pada laptop teman saya. Sebelumnya, laptop teman saya ini telah terinstal Windows XP SP2 Profesional, tapi dia ingin menginstal Windoes 7 dengan alasan kecepatan. Setelah saya memasukan DVD Win7 saya kemudian mengatur konfigurasi dan memformat serta mempartisi ulang hardisk laptopnya. Tak berapa lama setelah instalasi sukses saya memastikan telah mengikuti langkah-langkah instalasi dengan benar. Saya lihat properti drive D:, betapa terkejutnya saya saat melihat Capacity dan Used Space pada partisi tersebut ternyata 0 GB alias tidak terpartisi(anggapan saya sebelumnya adalah Bad Sector). Maka dari itu saya beusaha surfing di google dan akhirnya saya menemukan jawaban dari semuanya. Ikuti terus artikel ini:








* Pertama buka Control Panel

* kemudian Pilih Administrative Tools

* kemudian pilih
Computer Management

* lalu klik Disk Management pada bagian
Storage

* pada Disk Management akan terlihat keterangan
masing-masing partisi pada harddisk kita

* untuk membagi partisi
klik kanan pada partisi yang akan kita bagi

* kemudian pilih
Shrink Volume

* lalu klik tombol Shrink



 
* setelah itu klik kanan pada partisi yang baru kita bagi tadi yang
biasanya berketerangan “unlocated”

* dan pilih New Simple Volume

* klik Next

* Isikan besar nilai volume partisi hardisk
(sebaiknya isikan sebesar batas maximum)

* klik Next

*
kemudian pada Assign the following drive letter pilih alamat drive yang
akan kita tempatkan (misalnya : K

* klik Next

* kemudian
muncul form Format Partition
 
* centang pada kotak Perform a quick format

* pada pilihan File
system pilih NTFS

* dan Allocation unit size sebaiknya pilih
Default

* kemudian pada Volume label isikan nama partisi yang
akan kita buat (misal: “Partisi Baru”;)

* klik Next

*
kemudian klik Finish

* tunggu sampai loading formating selesai



Nah jadi sudah laptop yang terpartisi menjadi 2 bagian. C: dengan kapasitas 50GB dan D: dengan kapasitas 60GB sedangkan 10GB lagi saya biarkan saja untuk Backup Data dan driver-driver yang diperlukan. Semoga informasi ini berguna. Jangan lupa komentarnya ya. :D



Referensi:
http://supermicroblog.blogspot.com/2010/08/cara-membagi-partisi-hardisk-windows-7.html

0 comments:

Post a Comment